Rabu, 30 Desember 2009

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) SKI kelas VII

Nama Sekolah : Madrasah Aliyah Negeri 1 Klaten
Mata Pelajaran : SKI
Kelas / Semester : VIII / I (satu)
Pertemuan Ke- : 3
Alokasi Waktu : 45 Menit
Standar kompetensi : memahami perkembangan Islam pada masa Nabi Abbasiyah
Kompetensi Dasar : siswa mampu mendeskripsikan perkembangan kebudayaan / peradaban islam pada masa bani abbasiyah
A.Indikator
1.Siswa mampu menyebutkan bidang kemajuan kebudayaan pada masa bani abbasiyah
2.Siswa mampu menjelaskan kemajuan yang dicapai pada masing-masing bidang
3.Siswa mampu membuat tabel tentang kemajuan kebudayaan pada masa abbasiyah
4.Siswa mampu mengambil hikmah dari perkembangan kebudayaan / peradaban islam pada masa bani abbasiyah
B.Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran topik sejarah perkembangan Islam pada masa Abbasiyah dengan strategi interaktif lecturing ,badai berhembus, peserta didik mampu :
Siswa mampu menyebutkan bidang kemajuan kebudayaan pada masa bani abbasiyah
Siswa mampu menjelaskan kemajuan yang dicapai pada masing-masing bidang
Siswa mampu membuat tabel tentang kemajuan kebudayaan pada masa abbasiyah
Siswa mampu mengambil hikmah dari perkembangan kebudayaan / peradaban islam pada masa bani abbasiyah
C.Materi Pembelajaran
bidang kemajuan kebudayaan/peradaban pada masa bani abbasiyah,meliputi : bidang pemerintahan, sistem militer, wilayah pemerintahan, perdagangan dan industri, perkembangan bidang pertanian, islamisasi masyarakat, bidang kedokteran,bidang pendidikan, perpustakaan dan toko buku.
kemajuan yang dicapai pada masing-masing bidang yaitu
bidang pemerintahan:dibentuknya kantor pngawas (dewan azimani) serta dewan penyelidik keluhan (dewan an nazhar fi al mazalini)
sistem militer: adanya pasukan pengawal kholifah (hams), pasukan tetap (jund) yang bertugas aktif disebut murtaziqi (yang mendapat gaji berkala oleh pemerintah) pasukan suka relawan disebut muta-thawi’ah
bidang wilayah pemerintahan: wilayah pemerintahan dibagi ke beberapa kelompok yang dipimpim oleh gubernur / amir
bidang perdagangan dan industri: mengadakan hubungan maritim arab persia dengan india dan china dengan melewati jarul sutra
bidang pertanian : banyak dibangun kanal untuk pengairan lahan pertanian
islamisasi masyarakat: sebanyak 5.000 orang kristen banu tanukh di dekat alleppo mengikuti perintah khalifah al-mahdi untuk masuk islam
bidang kedokteran: ibn sina yang merupakan dokter, filosof dan penyair
bidang pandidikan, perputakaan dan toko buku: dibangunnya madrasah nizhamiyah,perpustakaan (khizanat al kutub) di syiria
hikmah dari perkembangan kebudayaan / peradaban islam pada masa bani abbasiyah: kita dapat mencontoh para pemimpin / kholifah bani abbasiyah sehingga dapat menciptakan kemajuan di masyarakat kita
D.Metode Pembelajaran
1.Interactive lecturing
2.Badai berhembus
E.Langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Awal ( 10 menit )
a.Guru memulai pembelajaran dengan salam dan do’a
b.Guru menarik perhatian siswa dengan cara mengatur kelas serta mengecek presensi siswa dan menumbuhukan motivasi belajar.
c.Guru menanyakan kepada siswa tentang sejarah munculnya bani abbasiyah (apersepsi)
d.Guru memberikan pre-test tentang kemajuan kebudayaan dan peradaban pada masa bani abbasiah.
e.Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
f.Guru menjelaskan secara singkat tentang langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
2.Kegiatan Inti ( 30 menit )
a.Siswa mendengarkan penjelasan mengenai bidang bidang yang maju di masa daulah bani abbasiyah
b.Siswa melakukan tanya jawab dengan guru mengenai materi yang belum dipahami
c.Guru beserta siswa mengatur kursi menjadi setengah lingkaran.
d.Tiap-tiap peserta didik duduk di salah satu kursi tersebut.
e.Salah satu siswa berdiri dan Guru memberikan se-lembar kertas yang berisi tentang tentang materi yang telah disampaikan
f.Siswa membacakan konsep yang ada pada selember kertas yang dia pegang.
g.Siswa yang setuju dengan apa yang dibacakan temannya maka ia harus berpindah dari tempat duduknya.dan seterusnya
3.Kagiatan akhir (5 menit)
a.Guru beserta siswa menyimpulkan psoses pembelajaran yang telah dilakukan dengan materi perkembangan kebudayaan / peradaban islam pada masa bani abbasiyah
b.Guru manayakan kepada siswa tentang materi yang telah dipelajari
c.Guru menutup dengan salam.
F.Alat/Bahan/Sumber Belajar
Spidol, kertas yang berisi materi tentang perkembangan kebudayaan / peradaban islam pada masa bani abbasiyah
Dedi supriyadi, M,Ag. “sejarah peradaban islam”,putaka setia,2008 Bandung
sumber pembelajaran yang relevan
G.Evaluasi
Evaluasi proses : ketepatan menjawab pada strategi badai berhembus
penugasan: membuat tabel tentang kemajuan kebudayaan pada masa abbasiyah membuat tabel


Klaten, 10 desember 2009

Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Sejarah Kebudayaan Islam


........................................... ...................................................
NIP. NIP.




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Rpp ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Sejarah Kebudayaan Islam
Dosen pengampu: Pak Sabarudin






Disusn oleh:
Muhammad ghozali
Nim/ Kelas: : 0741252/pai 6





PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2009