Selasa, 23 Maret 2010

RPP SKI Kelas / Semester : XI / 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah Negeri 1 Blora
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas / Semester : XI / 1
Pertemuan Ke- : 3 dan 4
Alokasi Waktu : ( 2 X 40 menit )
Standar Kompetensi : Memahami keteladanan dakwah Rasulullah dalam membina umat

Kompetensi Dasar : Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah dan

Madinah.
A.Indikator
Siswa mampu :
Menjelaskan pengertian dakwah
Menyebutkan sahabat nabi yang termasuk السا بقو ن الاولون
Menyebutkan macam-macam cara nabi Muhammad SAW berdakwah
Mencontohkan beberapa peristiwa tentang tantangan dan penyiksaan kaum quraisy terhadap nabi dan para sahabatnya dalam berdakwah
Membedakan ciri-ciri dakwah nabi ketika di makkah dan di madinah
Mengambil ibrah dari peristiwa dakwahnya nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.
B.Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran topik peristiwa dakwah nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dengan strategi pembelajaran Inquiring what to know dan quiz team, peserta didik mampu :
Menjelaskan pengertian dakwah
Menyebutkan sahabat nabi yang termasuk السا بقو ن الاولون
Menyebutkan macam-macam cara nabi Muhammad SAW berdakwah
Mencontohkan beberapa peristiwa tentang tantangan dan penyiksaan kaum quraisy terhadap nabi dan para sahabatnya dalam berdakwah
Membedakan ciri-ciri dakwah nabi ketika di makkah dan di madinah
Mengambil ibrah dari peristiwa dakwahnya nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.
C.Materi Pembelajaran
Dakwah menurut bahasa : mengajak, sedangkan menurut istilah : mengajak orang lain untuk menempuh jalan kebenaran.
sahabat nabi yang termasuk السا بقو ن الاولون : Khadijah, Zaid bin Haritsah, Abu Bakar As-Siddiq, dan Ali bin Abu Thalib.
Ada dua macam cara nabi berdakwah : tersembunyi dan terang-terangan.
Contoh peristiwa tantangan dan penyiksaan terhadap nabi muhammad dan para sahabatnya.
Dakwah di makkah :
Tema : tauhid, hari pembalasan, dan kebaikan untuk sesama.
Audiens : politheis ( musyrik )
Dakwah di madinah :
Tema : ibadah dan muamalah
Audiens : muslim, yahudi, nasrani dan kaum munafiq
Kontekstualisasi : bahwa setiap kebenaran ditegakkan, selalu ada hambatan yang muncul, persoalannya bagaimana sikap kita menghadapi persoalan tersebut, jika kita bersikap sabar dan penuh toleransi, maka kita akan mendapatkan apa yang kita niatkan.
D. Strategi Pembelajaran
Inquiring what to know
quiz team
E.Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan ( 20 menit )
1.Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan berdoa bersama.
2.Guru mengatur kelas dengan mengecek presensi siswa.
3.Guru menarik perhatian siswa dengan menanyakan kabar
4.Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan pelajaran yang kemarin kepada para siswa.
5.Guru memberikan pre-test mengenai materi yang akan dipelajari secara umum.
6.Guru menjelaskan secara singkat tentang langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Kegiatan Inti ( 40 menit )
1.Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian dakwah, serta sahabat-sahabat nabi yang termasuk السا بقو ن الاولون .
2.Guru meminta siswa berkomentar mengenai strategi nabi muhammad dalam berdakwah.
3.Siswa membacakan hand out tentang contoh peristiwa tantangan dan penyiksaan terhadap nabi muhammad dalam berdakwah.
4.Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada para siswa tentang perbedaan dakwah nabi muhammad pada periode makkah dan madinah.
5.Siswa berkelompok menjadi dua kelompok.
6.Masing-masing kelompok harus menjawab beberapa pertanyaan yang telah diberikan oleh guru dalam hand out masing-masing.
7.Bagi yang selesai pertama kali dalam menjawab soal, mendapatkan bonus point 20
8.Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan apa-apa yang belum bisa dipahami oleh siswa tentang masalah dakwah nabi muhammad.
Kegiatan Penutup ( 10 menit )
1.Guru mengklarifikasi dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah dan Madinah.
2.Guru memberikan beberapa pertanyan sebagai post-test.
3.Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama-sama.
F.Alat/bahan/sumber belajar
Hand Out tentang dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah dan Madinah.
Dua lembar pertanyaan tentang dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah dan Madinah.
Buku bingkai Sejarah Kebudayaan Islam 2 untuk kelas XI Madrasah Aliyah, terbitan PT Tiga Serangkai Mandiri, Solo.
Buku-buku sejarah lain yang relevan dengan materi.
Ensiklopedia Al-Qur,an dan Hadits.
Guru yang kompeten.
Tokoh masyarakat.
Majalah.
Surat kabar.
Internet www.sejarah kebudayaan islam.com.
Pengalaman siswa.

G.Penilaian
Indikator
Penilaian
teknik
bentuk
Menjelaskan pengertian dakwah
tes tertulis

tes uraian
Menyebutkan sahabat nabi yang termasuk السا بقو ن الاولون
lisan

tes unjuk kerja
Menyebutkan macam-macam cara nabi Muhammad SAW berdakwah
lisan

tes unjuk kerja
Mencontohkan beberapa peristiwa tentang tantangan dan penyiksaan kaum quraisy terhadap nabi dan para sahabatnya dalam berdakwah
lisan

tes unjuk kerja
Membedakan ciri-ciri dakwah nabi ketika di makkah dan di madinah
lisan

tes unjuk kerja
Mengambil ibrah dari peristiwa dakwahnya nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

lisan

tes unjuk kerja

Contoh instrumen :
Tes lisan bentuk unjuk kerja
Soal
1.Siapakah orang yang pertama kali masuk islam dari pihak budak ?
2.Apakah dalam dakwahnya, nabi muhammad mengharuskan seseorang masuk islam ?
3.Apa perbedaan dakwah nabi pada periode makkah dan madinah ?
4.Sebutkan contoh peristiwa tentang tantangan dan penyiksaan kaum quraisy terhadap nabi dan para sahabatnya dalam berdakwah !
Jawaban
1.Zaid bin Haritsah
2.Tidak, karena islam atau tidaknya seseorang itu kewenagan Allah, bukan nabi muhammad.
3.Dakwah di makkah :
Tema : tauhid, hari pembalasan, dan kebaikan untuk sesama.
Audiens : politheis ( musyrik )
Dakwah di madinah :
Tema : ibadah dan muamalah
Audiens : muslim, yahudi, nasrani dan kaum munafiq
4.Setiap kali berdakwah, nabi selalu diikuti abu lahab untuk menghasud orang yang diceramahinya sepaya tidak mengikuti ajakan nabi muhammad.




Yogyakarta, 16 desember 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Sejarah Kebudayaan Islam


........................................... ...................................................
NIP. NIP.























Contoh peristiwa tantangan dan penyiksaan kaum quraisy terhadap dakwah nabi muhammad saw :

Pada suatu hari ketika nabi sedang berdakwah di tengah kaum quraisy, beliau diikuti oleh abu lahab dari belakang untuk menghasud pada orang yang hadir agar jangan percaya omongan nabi. Dalam kesempatan itu beliau hanya diam saja dan meninggalkan tempat itu dengan sabar.


Ketika abu jahal sering melihat nabi bershalat di dekat ka’bah, maka dia bersumpah di hadapan kaum quraisy , jika muhammad esok pagi masih salat di dekat ka’bah, maka aku akan timpakan di atas kepalanya sebuah batu besar agar ia binasa.


Ketika nabi muhammad berseru di atas bukit safa memanggil orang quraisy untuk berkumpul di hadapan beliau, nabi mengajak mereka masuk islam. Ajakan itu disambut abu lahab dengan ejekannya : apakah hanya untuk ini kau kumpulkan kami ya muhammad ! semoga celaka kau. Karena itulah Allah menurunkan surat al-lahab sebagai ancaman kepada abu lahab dan istrinya.

















Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan singkat !

1.Pelajaran apa yang dapat diambil dari dakwah nabi muhammad beserta para sahabatnya !
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
2.Sebutkan sifat- sifat nabi muhammad dalam berdakwah !
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.Sebutkan contoh peristiwa tentang tantangan dan penyiksaan kaum quraisy terhadap nabi dan para sahabatnya dalam berdakwah
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.Sebutkan contoh toleransi nabi muhammad dalam berdakwah !
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
5.Bagaimana pendapat anda tentang dakwah nabi muhammad !
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar